pertama kalinya ngekost ? baca dulu deh gaes !

oke, sesuai judul posting kali ini..aku mau nge-share pengalaman aja buat yang pertama kali ngekost.

buat kalian yg emang pertama kali banget mau ngekost (biasanya anak kuliahan yg kuliahnya di kota rantau), pasti sedikit bingung dong apa aja sih yg harus disiapin ? perlengkapan apa sih yg dibutuhin ?
so..disini aku bagi sedikit pengalaman aku waktu pertama kalinya nge-kost guys..langsung aja yuk !

hal pertama yang kamu lakuin yaitu survey tempat dimana kamu kuliah

maksud aku disini, kamu harus tahu kampus kamu di daerah mana, sebelah mana dan jalan apa. kita butuh banget informasi tentang letak kampus untuk mastiin dimana lokasi strategis kita memilih kost.

kedua, tentuin daerah terdekat antara kost sama kampus

setelah kamu tau lokasi kampus kamu nih, kamu bisa langsung cari lokasi terdekat kost sama kampus . kenapa ? karna jarak itu berarti banget untuk masalah waktu.buat antisipasi jangka panjang aja sih, kalo kamu kesiangan,jadi waktu untuk on the way ke kampus ga begitu lama.

TIPS MEMILIH KOST gaes...
-usahain pinggir jalan, jangan masuk gang.
 kenapa ? kalo dipinggir jalan akses mudah. kalo ada paket dari keluarga di kampung, alamat mudah dicari.
-pilih yg fasilitasnya oke
 minimal kamarnya udah ada isinya seperti kasur,lemari,dan meja kecil, jadi kamu ga ribet harus beli  barang-  barang yg cukup nguras budget itu gaes. syukur-syukur udah ada dapur kecilnya, dan bersih .
-pilih yg tidak terlalu banyak penghuninya
 ini penting, semakin banyak yg menghuni semakin sulit untuk menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan  kost kamu gaes..!
-cari kost sendiri,jangan pake calo !
ini juga, usahain cari sendiri kostnya walaupun harus nanya-nanya sama warga sekitar, ini menghemat harga kost gaes, kalo pake calo harga kostnya udah dinaikin untuk persenan si calo.

nah, kalo udah dapet kostnya yg sesuai di hati dan dikantong....siapin perlengkapan-perlengkapan ini gaes!

BAJU
baju untuk ke kampus sama baju harian, pastiin lebih banyak yg untuk ke kampus gaes, kenapa ? baju untuk ke kampus itu diwajibin banget ganti setiap hari kan ? secara..kamu banyak aktivitas selama di kampus, entah naik atau turun tangga, atau jalan dari ruang satu ke ruang yg lainnya, dan belom lagi kalo ruangan ga ber AC. bisa bayangin kan ? ga lucu juga kalo kamu make baju yg sama ke kampus selama dua hari berturut-turut. sedangkan untuk baju harian cuma dipakai saat istirahat, tidur, atau stay di kost waktu hari libur, ga banyak menghasilkan keringat, so gapapa sih kalo sepasang baju dipake selama dua hari.hehehe
saran sih, bawa beberapa baju untuk ngegaul juga gaes ! kan kamu pasti bakal nongkrong juga sama temen-temen kamu.

PERALATAN MANDI
ini, kamu harus bawa semua alat-alat mandi kamu, sabun,pasta gigi,sikat gigi,facial wash, shampoo dll.
dan....jangan lupa bawa keranjang kecil untuk nampung alat mandi, dan bawa satu buah ember dan gayung !
saat kamu ngekost, kamu pasti butuh ember gaes, entah untuk mencuci atau menampung air.

PERALATAN DANDAN
ini yg dimaksud alat make up kamu sehari-hari, parfum,bedak,deodorant,dll sesuai kebutuhan kamu.
bawa tempat juga buat nyimpen semua alat dandan kamu itu jadi satu. biar lebih rapih dan lebih mudah nyarinya kalo ada disatu tempat yg sama.
untuk cewek, bawa juga loker kecil penyimpan pernak-pernik lucu kamu gaes..biar gampang nyimpen dan nyarinya..yaaa.
dan yang paling penting, kalo dikost kamu ga ada cermin..kamu harus punya cermin gaes! wajib punya !

PERALATAN MAKAN
ini, kamu harus punya beberapa piring,mangkok,gelas,sendok,garpu. usahain semua barang tadi terbuat dari plastik atau bahan yg tidak mudah pecah yaaa..biar awet gaes.

PERALATAN KEBERSIHAN
kamu bakal butuh lap pel, pel,sapu,kemonceng,lap,sikat baju..dll, butuh ember kecil juga untuk tiap kali kamu mau ngepel kamar kost gaes.
untuk detergennya, aku saranin nih bubuk aja deh, lebih awet,bisa buat ngerendem pula, irit. jangan lupa beli tempat untung nampung detergenya gaes, bisa juga pake kaeng bekas roti kok hihihi
untuk pembersih lantai, sabun pencuci piring,pewangi baju, dll usahain beli yg dapet botolnya, jadi kamu tinggal beli refilnya aja kalo udah habis.
sikat untuk kamar mandi+ cairan pembersihnya+pewangi kamar mandi juga jangan lupa ini penting buat kamu yg punya kamar mandi dalam yaaa..
pewangi ruangan, biar kamar km ga apek. aku saranin yg cair dan dapet alat semprot otomatis yg bisa disetting yaaa..lebih irit !
pewangi lemari pakaian, ini juga jgn sampe ketinggalan, biar baju kamu ga bau lemari gaes..hehe

PERALATAN TAMBAHAN
waktu kamu kuliah nanti kamu bakal banyak koleksi buku,modul,handout, dan materi kuliah lainnya..biar kamar kamu tetep rapi dan enak dilihat, jangan ragu untuk beli rak buku yg paku di dinding. di rak itu kamu bisa nyimpen buku dan alat tulis kamu yg lain. inget ya yg di paku di dinding biar kamar km ga sempit nantinya.
tas baju kotor, udah tau dong fungsinya buat apa ? ya jelas buat nampung baju kotor yg belum sempet dicuci.
jepit jemuran dan hanger, point terpenting buat yg gak ngelaundry baju yaaaa..
beli juga rak sepatu dan tempat sampah, udah jelas sih, biar sepatu kamu terawat dan selalu bersih. usahain juga waktu nyimpen sepatu pake dus-nya ya gaes, untuk tempat sampah harus yg tertutup,biar baunya ga kemana-mana dan ga berceceran sampahnya,hehe
rak untuk simpan barang-barang, tau kan rak bertingkat ? nah itu kamu jg harus punya..kenapa ? selain hemat tempat itu rak berguna buat stock makanan kamu, gula kopi,dll..bisa juga tempat untuk alat makan kamu deh, pokoknya berguna dan harus punya !
meja kecil yg bisa dilipat..pasti km butuh meja tambahan deh, entah untuk belajar, makan, ataupun main laptop..beli yg bisa dilipat biar bisa simpen atau digantung di dinding.
dan untuk kamu yg ngekost didaerah panas, kamu pasti butuh kipas angin, atau alat pendingin lainnya..beli yg sesuai sama budget kamu gaes hihihi

KOTAK SERBAGUNA 
dan satu lagi yg ga boleh kamu lupa gaes, kamu harus punya kotak serbaguna. kenapa ? di dalam kotak ini banyak alat-alat yg kamu butuhin.
contohnya ? gunting,cutter,selotip,alat jahit,gunting kuku, trust me barang-barang ini bakal berguna kalo kamu ngekost gaes..

KOTAK P3K
bukan berarti kamu harus beli kotak dan isinya lengkap sama yg ada di UGD yaaaa, hehe
maksudnya, kamu harus punya tempat buat nyimpen pernak-pernik kesehatan ini.
contohnya obat-obatan pribadi kamu kalo punya sakit yg khusus dan obat umum (obat batuk,pilek,flu,demam,sakit perut,diare)
ditambah juga beberapa kain kasa yg masih steril, alkohol ukuran kecil,handsaplast,betadine,dan obat tetes mata. semakin lengkap semakin bagus gaes. buat jaga-jaga aja .

dan selama kamu ngekost nanti kamu harus beradaptasi,bergabung,dan berkomunikasi sesama pengguna kost yg lain gaes, secara kita ini manusia yg ditakdirkan sebagai mahluk sosial yg butuh interaksi dengan sesamanya.

TIPS SELAMA KAMU NGE-KOST gaes...
kamu harus punya nomor bapak/ibu kost kamu, disaat kamu membutuhkan sesuatu mengenai kost kamu, kamu bisa langsung laporan gaes sama empunya kost.
usahakan dekat dengan sesama penghuni kost dan punya nomor mereka masing-masing, mereka keluarga terdekat kamu selama kamu ngekost gaes, kalo ada apa-apa mereka yg pasti bantu kamu dulu deh,
salah satu teman terdekat kost kamu,wajib  punya nomor orangtuamu , mungkin penghuni kamar sebelah kamu akan lebih akrab hubungannya dengan kamu. mintalah dia untuk menyimpan salah satu nomor orangtuamu, agar jika ada sesuatu yg terjadi denganmu diluar dugaan..dia bisa memberi tahu orang tuamu.
jaga kebersihan sesama, usahakan punya jadwal piket membersihkan lingkungan kost secara bergantian dan adil. percayalah ini sangat bermanfaat untuk kebersihan lingkungan kost.
tahu diri, ini point penting sih..masing-masing penghuni kost yg lain pasti membutuhkan waktu untuk sendiri, entah itu istirahat atau untuk hal private lainnya. jangan ganggu mereka saat mereka tidak ingin diusik gaes.
kamu jg pasti gak mau kan diusik waktu kamu asik sama hal yg kamu sukai ?
saling menghormati dan menyayangi, buat hubungan yg harmonis dan menyenangkan gaes, jika melakukan kesalahan jangan gengsi untuk mengakui dan segera meminta maaf ya gaes...

nah itu tadi sekilas sharing tentang nge-kost...berharap bisa jadi pedoman buat kalian yg mau nge-kost gaes..
kalo ada yg kurang bisa kok sekalian ditambahin yaaa dikomentar,hehehe

UPDATE 2020 !!!
Sekarang walopun udah gak jadi anak kulihan lagi, aku tetap menjadi anak kos. Dari lulus kuliah tahun 2017 sampe 2020, aku udah sering banget yang namanya pindah kost. Nahhhhhhhhhhhhh ada info yang ciamik banget nih, walopun aku telat banget nih updatenya di blog aku.tapi gapapa aku tetep share ke kalian !!
Sekarang itu ada aplikasi pencarian kost yang simple banget lohhh.. apasih namanya ? Namanya aplikasi Mamikos, beneran deh aplikasi ini buat kita gak ribet lagi buat cari kost. Karna lewat Mamikos aja kita bisa nentuin fasilitas yang kita mau, harga sewanya, dan aplikasi akan memunculkan kos yang sesuai dengan kriteria yang kita mau. Ini aplikasi sangat membantu banget buat kalian yang anak rantauuuuuuu, yang pasti bingung dong mau cari kos dimana karna belom tau daerah, belum punya temen yang bisa diajak survey tempat. Cuma dengan satu aplikasi, km bisa cari lokasi dimana dengan harga berapa, dan bisa dapet alamat kos plus nomor si empunya kosnya. Sesimpel itu,kamu bisa cari kos sesuai kemauan dan budget yang kamu punya, jauh sebelum kamu sampe di kota rantau. Btw aku udah tau lama aplikasi ini, dan ini gak bersponsor yaaa ini murni ketulusan hati aku (yaelahhhh) untuk berbagi informasi yang memudahkan hidup anak kos !!!

see you di next posting gaessssssss...big thanks buat kamu yg udah baca juga ya !





Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer